Sabtu, 18 Juni 2016

Defenisi dan Manfaat Hijrah



Assalamu,alaikum wr,wb

Hijrah

 
                Kata hijrah sudah tak asing lagi didengar  oleh telinga kita. Tetapi tahukah kita apa arti    hijrah tersebut, seperti apa yang dimaksud dengan hijrah, dan apa makna atau manfaat hijrah jika kita  melakukannya?? Disini saya akan menjelaskan tentang hijrah tersebut.!!
            Kata hijrah berasal dari bahasa arab yang berarti berpisah,menjauhi,menghindar dan berpindah dari suatu negeri kenegeri lain. Dalam konteks sejarah hijrah, hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAW bersama para sahabat beliau dari Mekah keMadinah dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah allah berupa aqidah dan syariat islam. Sedangkan menurut KBBI artinya perpindahan Nabi Muhammad SAW bersama sebahagian sahabatnya dari Mekah keMadinah untuk menyelamatkan diri dari tekanan kaum Quraisy Atau Berpindah dan menyingkir untuk sementara waktu dari suatu tempat ketempat lain yang lebih baik dengan alasan tertentu (keselamatan, kebaikan, dsb).
Adapun perintah allah berhijrah didalam qur’an antara lain:
Artinya: “Barang siapa berhijrah dijalan allah,niscaya mereka mendapati dimuka bumi ini  tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barang siapa keluar dari rumahnya  dengan maksud berhijrah kepada allah dan rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya disisi Allah. Dan adalah allah Maha Pengampun lagi maha penyayang”. (Q.S An-nisa’:100)
Artinya :”sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan allah,mereka itu mengharapkan rahmat allah, dan allah maha pengampun lagi maha penyayang”. (Q.S Al-baqarah:218)
            Didalam melaksanakan berhijrah harus semata-mata memasang niat karna allah taala. Buka karna hal-hal lain atau ingin dapat perhatian dan pujian dari orang. Itu semua akan sia-sia, sebenarnya yang terkandung didalam maksud dan tujuan hijrah ialah mengharapkan, mencari, dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Karna kalau sudah melaksanakan hijrah berarti meninggalkan semua perbuatan  yang dilarang dan dimurkai Allah SWT, untuk melakukan amal  shaleh yang disuruh allah SWT dan diridhoi nya.
Rasulullah bersabda:
Artinya: “ orang-orang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan segala apa yang dilarang allah SWT “.
            Orang –orang yang hidup dalam hijrah karena allah taala ia tidak lagi suka ingat kepada segala sesuatu keduniaan , tetapi yang selalu dicarinya ialah  segala jalan supaya ia inggat (dzikir) kepada Allah.
Adapun manfaat atau makna dari kita melaksanakan hijrah yaitu:
·         Kita menjadi manusia yang lebih baik, hati kita tenag, damai tidak gelisah karena lebih bertakwa pada allah mengerjakan segala perintah dan meninggalkan segala larangannya.
·         Mengharapkan, mencari dan mendapat Rahmatullah . Rahmatullah yang dijanjikan kepada tiap-tiap manusia yang berillahkan kepada Allah yang Maha Esa, rahmatullah yang wajib kita harapkan dan dapatkan.
·         Dan mereka yang hijrah pada jalan allah dan kemudian mereka  itu dibunuh atau mati, pastilah  akan memberi rizki yang baik (pemeliharaan yang bagus) bahwasanya allah adalah pemberi rezeki yang sebagus-bagus bagi mereka.
·         Dan segala penyakit-penyakit bathin hilang dari hati, kita menjadi lebih sabar dan ikhlas. Kita juga tidak memikirkan Urusan duniawi dan hanya memperbanyak amal mengingat allah.
Demikianlah defenisi ringkas  hijrah yang dapat saya paparkan, semoga kita mendapat manfaat dan ikhtibar dari tulisan ringkas saya ini. Namun,  sangat banyak terdapat kesalahan didalam penulisan karya ilmiah ini tentunya, kritik dan saran sangat saya harapkan agar tulisan ini mencapai pada tingkat kesempurnaan…. Terimakasih….

Wassalamualaikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar